Selasa, 27 Juni 2017

PEDAGOGI dan ANDRAGOGI



PEDAGOGI dan ANDRAGOGI

Andragogi adalah antonim  dengan pedagogi.Dalam pedagogi yang paling menonjol adalh transmisi konten,sementara pada andragogi fokus pada bagaimana memfasilitasi akusisi konten.Andragogi adalah teori yang menjelaskan metode spesifik yang harus digunakan dalam pendidikan orang dewasa.Sedangkan pedagogi pembelajaran disebut siswa atau anak didik.
A.PEDAGOGI
            Pedagogi adalah teori belajar yang dikembangkan untuk anak-anak atau belajar dimasa anak-anak,dimana pembelajran disebut “siswa” atau “anak didik”.Pedagogi memgunakan metode pembelajaran Independen atau satu arah dimana tujuan pembelajarannya ditentukan sebelumnya agar anak-anak atau siswa bisa mempelajarai materi sebelum pembelajaran dikelas.Namun dalam pedagogi siswa diasumsikan tidak berpengalaman dan kurang mendapat informasi tentang materi karena siswa hanya mengharap bahan/materi dari guru,karena dalam pedagogi Guru adalah sebagai sumber utama yang memberikan ide-ide dan contoh.
Adapun asumsi Pedagogi sebagi berikut :
   1 .      Konsep diri
Konsepdiri pada pedagogi masih ketergantungan
   2 .      Pengalaman
Pengalaman pada pedagogi sangat berharga kecil karena murid hanya mengandalkan guru sebagi sumber informasi mereka.
   3 .      Kesiapan
Kesiapan pada pedagogi sangat menunjukkan tekanan sosial pada perkembangan mereka
   4 .      Perspektif waktu
Pada perspektif waktu pedagogi aplikasi waktu ditunda dimana murid lebih sering menunda-nunda pekerjaan atau tugas yangn diberikan guru.
   5 .      Orientasi untuk belajar
Berpusat pada orientasi mata pelajaran,dimana murid hanya berpusat pada informasi mata pelajaran yang akan dibahas dan tidak mencari sumber lain
   6 .      Iklim belajar
Berorientasi,otoritas,resmi,dan kompetitif
   7 .      Perencanaan & Perumusan tujuan
Pada pedagogi perencanaan dan perumusan tujuan semuanya dilaksanakan oleh guru
   8 .      Desain
Logika materi pembelajaran,unit konten
   9.      Kegiatan
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan dilaksanakan oleh teknik pelayanaan
  10.  Evaluasi
Evalusi pada pedagogi dilakukan oleh guru dan tampa campurtangan murid
B.ANDRAGOGI
            Andragogi adalah bentuk pembelajran orang dewasa yang digunakan dalam rancangan pelatihan organisasi,khususnya uuntuk domain keterampilan lunak (soft skill),seperti pengembangan manajemen.Seni mengajar orang dewasa berlaku di semua tempat ,ketika peserta didik atau warga belajarnya menunjukkan tanda-tanda kedewasaan yang baik. Sehingga aplikasi andragogi berlaku di ruang-ruang kursusu,pelatihan,pembekalan,pembimbingan khusus,bimbingan khusus,bimbingan profesional,pemberantasaan buta aksara,keaksaraan fungsional,dan lain-lain.
Dalam andragogi pembelajar disebut “peserta didik” atau “warga didik”, gaya belajarnya independen,tujuan dari pembelajaran fleksibel,peserta didiknya diasumsikan memiliki pengalaman untuk berkontribusi,menggunakan metode pelatihan aktif,pembelajr mempengaruhi waktu dan kecepatan,keterlibatan atau kontribusi peserta sangat penting,belajar terpusat pada masalah kehidupan nyata,dan peserta dianggap sebagai sumberdaya utama untuk ide-ide dan contoh-contoh.
       ·     Karakteristik Pembelajaran Dewasa
o   Pelajar dewasa biasanya memiliki maksud yang terindentifikasi
o   Pelajar dewasa biasanya memiliki pengalaman sebelumnya,baik positif maupun negatif,dengan pendidikan diselenggarakan
o   Pelajar dewasa ingin segera mengambil manfaat dari hasil belajarnya
o   Pelajar dewasa memiliki konsep-diri secara satu arah
o   Pelajar dewasa membawa dirinya dengan reservoir pengalaman
o   Pelajar dewasa belajar membawa keraguan dan ketakutan yang luas bagi proses pendidikan
o   Pelajar dewasa biasanya sangat kuat pada ketahanaan perubahan
o   Gaya pelajar dewasa biasnya diatur
o   Pelajar dewasa memiliki “tujuan yang dewasa”
o   Masalah pelajar dewasa yang berbeda dari masalah anak-anak
o   Pelajar dewasa biasanya memiliki sebuah keluarga mapan
o   Waktu reaksi pembelajar orang dewasa sering lambat
      ·     Motivasi Pelajar Dewasa
a.       Hubungan sosial : untuk memperoleh teman-teman baru bagi pemenuhan kebutuhan uuntuk asosiasi dam persahabatan
b.      Harapan eksternal : untuk mematuhi petunjuk dari orang lain,memenuhi harapan atau rekomendasi dari seseorang yang memiliki otoritas formal.
c.       Untuk menigkatkan kemampuan melayani umat manusia,mempersiapakan diri untuk pelayanan kepada masyarakat,dan meningkatkan kemampuan berpartisipasi dalam pekerjaan masyarakat.
d.      Kemajuan pribadi : untuk mencapi status yang lebih tinggi dalam pekerjaan,kemajuan profesional yang aman ,dan tetap sejajar dengan pesaing.
e.       Stimulasi : untuk menghilangkan kebosanan ,memberikan istirahat di rumah dan rutinitas kerja, dan mereduksi tekanan kehidupan yang cenderung rewel.
f.       Ranah kognitif : belajar demi belajar ,mencari ilmu untuk kepentingan diri sendiri ,dan untuk menjawab aneka pertanyaan yang terpikirkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar