Selasa, 27 Juni 2017

Manajemen Kelas



Manajemen Kelas

            Manajemen kelas adalah salah satu cara belajar efektif  dan pemikiran tentang cara terbaik untuk mengelola kelas.Manajemen kelas yang mengorientasikan murid pada sikap pasif dan patuh pada aturan ketat dapt melemahkan keterlibatan murid dalam pembelajaran aktif,pemikiran,dan kontruksi pengetahuan sosial.Manajenmen kelas lebih menekankan pada pembimbingan murid untuk menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri murid.Dalam manajemen kelas ,guru di anggap sebagai pengatur,pemandu,koordinator dan fasilisator.
            Tujuan dan srategi manajemen kelas yaitu untuk membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorientasikan pada tujuan,dan mencegah murid mengalami problem akademik dan emosional.
Adapun cara-cara dalam manejemen kelas antara lain: Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktununtuk belajar dan mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorientasikan pada tujuan dan mencegah murid mengalami problem akademik dan emosional.
A.Mendesain Lingkungan Kelas
            Mendesain lingkungan fisik kelas merupakan salah satu cara untuk memperoleh pembelajaran yang efektif,dimana murid dan guru bisa dalam keadaan nyaman saat proses belajar mengajar berlangsung.
-Prinsip Penataan Kelas
            Berikut ini empat prinsip penataan kelas yang dapat di pakai untuk menata kelas:
1  .      Kurangi kepadatan di tempat lalu-lalang
Gangguan dapat terjadi di daerah yang sering dilewati.Daerah ini antara lain area belajar kelompok,bangku murid, meja guru, dan lokasi penyimpanan pensil,rak buku,komputer dan lokasi lainnya.Pisahkan area-area ini sejauh mungkin dan pastikan mudah diakses.
2 .      Pastikan bahwa Anda dapat dengan mudah melihat semua murid
Tugas yang paling penting dalam manejemen kelas adalah memonimitori murid secara cermat.Untuk itu sebagai tenaga pengajar harus bisa melihat semua murid.Pastikan ada jarak pandang yang jelas terhadap keseluruhan murid
3 .      Materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah di akses
              Ini akan meminimalkan waktu persiapan dan perapian,dan mengurangi kelambatan dan gangguan aktivitas.
 
4 .      Pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas
              Tentukan dimana anda dan murid akan berada saat presentasi kelas diadakan untuk aktivitas ini, murid tidak boleh memindahkan kursi atau menjulurkan lehernya.Untuk mengetahui seberapa baik murid dapat melihat dari tempat mereka,duduklah di kursi mereka.
-Gaya Penataan
            Cara untuk mengorganisasikan ruangan fisik kelas,para pengajar harus bertanya pada diri sendiri tipe aktivitas pengajaran apa yang akan di terima murid (seluruh kelas,kelompok kecil,tugas individual dan lain-lain).Pertimbangkan penataan fisik yang paling mendukung aktivitas itu.
Adapun penataan kelas standar antara lain :
a  .       Gaya auditorum
Semua murid duduk menghadap murid.Penataan ini membatasi kontak murid tatap muka dan guru bebas bergerak kemana saja
b .      Gaya tatap muka
Murid saling menghadap
c .       Gaya seminar
                Sejumlah besar murid 10 atau lebuh duduk di susunan berbentuk lingkaran,atau persegi,atau bentuk U .Gaya ini efektif agar murid bisa berbicara satu sama lain dan memudahkan uuntuk bercakap-cakap dengan guru.
d .      Gaya Klaster
                Sejumlah murid baik terdiri dari 4-8 murid dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil.Ini bertujuan untuk belajar efektif untukaktivitas pembelajaran kolaboratif.
Susunan meja yang mengelompok akan mendorong interaksi sosial diantara murid.Sebaliknya, susunan meja yang berbentuk lajur akan mengurangi interaksi sosial di antara murid dan mengarahkan perhatian kepada guru.

B. Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
               Murid perlu lingkungan yang positif untuk pembelajaran.Adapun cara dalam mengelola kelas agar menciptakan lingkungan yang positif yaitu :

-Strategi Umum
              Strategi umum mencakup penggunaan gaya otoratif dan manajemen aktivitas kelas secara efektif.
a.Menggunakan Gaya Otoratif
             Gaya manajemen otoratif akan mendorong murid untuk menjadi pemikir yang independen dan pelaku yang independen tetapi strategi ini mengunakan sedikit monitoring murid.
b.Menggunakan Gaya Permisif
             Gya ini memberi banyak otonomi pada muridntapi tidak memberi banyak dukungan untuk pengembangan keahlian pembelajaran atau pengelolahan perilaku mereka.Namun murid yang berada di kelas permisif cenderung punya keahlian akademik yang rendah
c.Mengelola Aktivitas Kelas Secara Efektif
            Dengan cara menunjukkaj seberapa jauh mereka “mengerti’’,mengatasi situasi tumpang tindih secara efektif,menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran,dan ikut melibatkan murid dalam berbagai aktivitas yang menantang.
           Salah satu yang penting juga dalam manajemen kelas adalh menjadi komunikator yang baik dimana tenaga pengajar bisa berkomunikasi atau memberi informasi kepada murid dengan jelas dan kejelasan dalam berbicara sangat lah penting.
                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar