Manajemen Kelas
Manajemen kelas adalah salah satu
cara belajar efektif dan pemikiran
tentang cara terbaik untuk mengelola kelas.Manajemen kelas yang
mengorientasikan murid pada sikap pasif dan patuh pada aturan ketat dapt
melemahkan keterlibatan murid dalam pembelajaran aktif,pemikiran,dan kontruksi
pengetahuan sosial.Manajenmen kelas lebih menekankan pada pembimbingan murid
untuk menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada
kontrol eksternal atas diri murid.Dalam manajemen kelas ,guru di anggap sebagai
pengatur,pemandu,koordinator dan fasilisator.
Tujuan
dan srategi manajemen kelas yaitu untuk membantu murid menghabiskan lebih
banyak waktu untuk belajar dan mengurangi waktu aktivitas yang tidak
diorientasikan pada tujuan,dan mencegah murid mengalami problem akademik dan
emosional.
Adapun cara-cara dalam manejemen kelas
antara lain: Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktununtuk belajar dan
mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorientasikan pada tujuan dan mencegah
murid mengalami problem akademik dan emosional.
A.Mendesain
Lingkungan Kelas
Mendesain
lingkungan fisik kelas merupakan salah satu cara untuk memperoleh pembelajaran
yang efektif,dimana murid dan guru bisa dalam keadaan nyaman saat proses
belajar mengajar berlangsung.
-Prinsip
Penataan Kelas
Berikut
ini empat prinsip penataan kelas yang dapat di pakai untuk menata kelas:
1 . Kurangi
kepadatan di tempat lalu-lalang
Gangguan
dapat terjadi di daerah yang sering dilewati.Daerah ini antara lain area
belajar kelompok,bangku murid, meja guru, dan lokasi penyimpanan pensil,rak
buku,komputer dan lokasi lainnya.Pisahkan area-area ini sejauh mungkin dan
pastikan mudah diakses.
2 . Pastikan
bahwa Anda dapat dengan mudah melihat semua murid
Tugas
yang paling penting dalam manejemen kelas adalah memonimitori murid secara
cermat.Untuk itu sebagai tenaga pengajar harus bisa melihat semua
murid.Pastikan ada jarak pandang yang jelas terhadap keseluruhan murid
3 . Materi
pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah di akses
Ini
akan meminimalkan waktu persiapan dan perapian,dan mengurangi kelambatan dan
gangguan aktivitas.
4 . Pastikan
murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas
Tentukan
dimana anda dan murid akan berada saat presentasi kelas diadakan untuk
aktivitas ini, murid tidak boleh memindahkan kursi atau menjulurkan lehernya.Untuk
mengetahui seberapa baik murid dapat melihat dari tempat mereka,duduklah di
kursi mereka.
-Gaya
Penataan
Cara
untuk mengorganisasikan ruangan fisik kelas,para pengajar harus bertanya pada
diri sendiri tipe aktivitas pengajaran apa yang akan di terima murid (seluruh
kelas,kelompok kecil,tugas individual dan lain-lain).Pertimbangkan penataan
fisik yang paling mendukung aktivitas itu.
Adapun penataan kelas standar antara
lain :
a . Gaya
auditorum
Semua murid duduk
menghadap murid.Penataan ini membatasi kontak murid tatap muka dan guru bebas
bergerak kemana saja
b . Gaya
tatap muka
Murid saling
menghadap
c . Gaya
seminar
Sejumlah besar murid 10
atau lebuh duduk di susunan berbentuk lingkaran,atau persegi,atau bentuk U
.Gaya ini efektif agar murid bisa berbicara satu sama lain dan memudahkan
uuntuk bercakap-cakap dengan guru.
d . Gaya
Klaster
Sejumlah murid baik
terdiri dari 4-8 murid dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil.Ini bertujuan
untuk belajar efektif untukaktivitas pembelajaran kolaboratif.
Susunan meja yang mengelompok akan
mendorong interaksi sosial diantara murid.Sebaliknya, susunan meja yang
berbentuk lajur akan mengurangi interaksi sosial di antara murid dan
mengarahkan perhatian kepada guru.
B. Menciptakan lingkungan yang positif untuk
pembelajaran
Murid perlu lingkungan yang positif untuk
pembelajaran.Adapun cara dalam mengelola kelas agar menciptakan lingkungan yang
positif yaitu :
-Strategi Umum
Strategi umum mencakup penggunaan
gaya otoratif dan manajemen aktivitas kelas secara efektif.
a.Menggunakan
Gaya Otoratif
Gaya manajemen otoratif akan
mendorong murid untuk menjadi pemikir yang independen dan pelaku yang
independen tetapi strategi ini mengunakan sedikit monitoring murid.
b.Menggunakan
Gaya Permisif
Gya ini memberi banyak otonomi
pada muridntapi tidak memberi banyak dukungan untuk pengembangan keahlian
pembelajaran atau pengelolahan perilaku mereka.Namun murid yang berada di kelas
permisif cenderung punya keahlian akademik yang rendah
c.Mengelola
Aktivitas Kelas Secara Efektif
Dengan cara menunjukkaj seberapa
jauh mereka “mengerti’’,mengatasi situasi tumpang tindih secara efektif,menjaga
kelancaran dan kontinuitas pelajaran,dan ikut melibatkan murid dalam berbagai
aktivitas yang menantang.
Salah satu yang
penting juga dalam manajemen kelas adalh menjadi komunikator yang baik dimana
tenaga pengajar bisa berkomunikasi atau memberi informasi kepada murid dengan
jelas dan kejelasan dalam berbicara sangat lah penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar